Filosofi Teh

Menunggu merupakan kegiatan yang mungkin sebagian orang sangat menjemukan. Saat itu, saya sedang menunggu kereta jurusan Jakarta – Jogya di stasiun Pasar Senen Jakarta. Bersama dengan seorang teman, saya menghabiskan waktu di Dunkin Donut setempat. Banyak hal yang kami obrolkan saat itu. Ada satu hal menarik yang saya tangkap dari cerita teman saya. Dia semula bertanya tentang bagaimana cara saya minum teh. Karena tidak tahu apa yang dimaksudkan, ya saya jawab saja alakadarnya orang yang membuat teh.

 

Kemudian dia, menceriterakan bahwa terkadang hal sepele tidak pernah kita anggap penting. Padahal banyak hal yang bisa kita pelajari dari setiap hal kecil yang ada disekitar kita. Dari konsep membuat teh ini, teman saya mensharingkan pengalamannya tentang bagaimana seorang teman mengajarkannya filosofi teh. Dari awal kita menyeduh teh, mengaduknya, mencium aromanya, hingga akhirnya meminumnya. Dari situ ada beberapa tahapan yang terkadang kita anggap sambil lalu. Teman saya mengatakan bahwa perlu kita coba untuk merasakan setiap bagian dari rangkaian proses tersebut hingga akhirnya kita meminumnya.

Melalui filosofi ini, sangat simpel mengajarkan tentang bagaimana kita bisa menikmati kehidupan yang kita miliki. Terkadang memang sangat banyak hal yang kita pikirkan hingga kita sering luput dari hal-hal yang sesungguhnya penting dan berharga. Rangkaian kehidupan ibarat kita sedang menyediakan secangkir teh. Semua hal yang kita lalui adalah proses. Dan dalam proses inilah, banyak hal yang sebenarnya dapat menjadi pelajaran bagi kita.  Filosofi ini menunjukkan pada kita tentang bagaimana kita menghargai sebuah kehidupan. Kenapa teh? meminum teh dapat dibilang sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang simpel yang terkadang kita kurang mendalami maknanya.

(Melya Findi)

Leave a Reply

