Ketika Komersialisasi Bertemu Humanisasi

Kasus HAM di Indonesia jarang menemui penyelesaian yang pasti. Banyak pihak yang mempertanyakan kredibilitas penegak hukum. Dalam artikel, Tempo Interaktif, Padang, menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengakui proses penegakan hukum di Indonesia belum sempurna. Memang ada upaya dari pemerintah, seperti upaya untuk memberantas mafia peradilan dengan membentuk satgas mafia hukum. Namun, melihat bagaimana pelaksanaannya sulit untuk memberikan apresiasi lebih terhadap para penegak hukum kita.

Di Papua pernah terjadi pelanggaran HAM berat. Saya membaca dari satu buku yang mengisahkan tentang perjuangan wanita Papua demi mempertahankan haknya dan seluruh rakyat Papua. Disini dia mendapat tantangan sulit karena harus melawan dua kekuatan besar dalam pemerintahan dan kekuatan bisnis. Hingga pada akhirnya beliau mendapat apresiasi yang sangat besar dari dunia internasional. Dalam pernyataannya ketika memberikan sambutan, beliau mengatakan bahwa apa yang salah dengan yang terjadi saat ini. Di negaranya sendiri dia mendapat perlakuan ibarat seorang penjahat, namun di dunia luar dia mendapat apresiasi yang sangat besar ibarat seorang pahlawan.

Kisah ini merupakan kisah lama yang menunjukkan adanya kepentingan-kepentingan pribadi dalam upaya penegakan hukum dan HAM. Pada masa sekarang inipun, tidak sedikit dijumpai kasus serupa, semisal kasus Prita Mulyasari. Adanya kepentingan pribadi yang diuntungkan akan membuat penegak hukum condong ke arah yang menguntungkan dirinya. Singkat kata perlu perbaikan ditubuh badan penegak hukum terlebih dahulu untuk bisa menjadi lembaga yang independen dan memiliki akuntabilitas.

Advertisements

One response

  1. Urusan hukum saat ini sepertinya sudah bersifat komersial. Maju tak gentar, Membela yang bayar.Saya suka Judulnya.

    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: