5 Cm : bagaimana menjadi pribadi yang bermakna

Banyak teman merekomendasikan buku ini. Hanya diawal saya hanya menanggapi sekilas. Sampai akhirnya seorang teman mengirimkan dari Jawa buku ini. Thank you ya Rick :D. 5 CM judulnya. Buku ini karangan dari Donny Dhirgantoro. Bercerita mengenai lima sahabat yang telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun, yaitu Arial yang paling tampan, Riani satu-satunya wanita dalam kelompok, Zafran yang sang penyair, Ian si tambun, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Tidak seperti geng kebanyakan yang suka nongkrong tidak jelas, minum-minuman, berjudi. Namun kelompok ini memiliki hobi yang mungkin bisa dibilang aneh oleh sebagian orang. Mereka suka mendiskusikan banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan, politik, dan juga musik. Dalam buku ini banyak sekali lirik-lirik lagu yang digunakan si penulis yang diceriterakan sebagai lagu kegemaran mereka.

Yang menjadi nilai penting dalam buku ini adalah bukan mengenai bagaimana sebuah persahabatan, namun lebih banyak mengajarkan tentang hidup sebagai sosok manusia yang memiliki makna. Bukan hanya sekedar memiliki nama dan bisa beraktivitas saja. Buku ini bercerita mengenai perjalanan mereka menuju Mahameru. Perjalanan selama beberapa hari yang sarat dengan makna hidup ini, sangat menginspirasi tentang bagaimana kita mengahadapi sebuah permasalahan.

Ada seseorang mengatakan bahwa menjadi seseorang yang kuat adalah tentang bagaimana dia belajar dari pengalaman hidup yang berat. Perjalanan ke Mahameru bukanlah perjalanan yang mudah, dalam buku dan juga cerita beberapa teman, ada cukup banyak tantangan yang dihadapi untuk bisa sampai ke puncak Mahameru. Mulai dari kondisi alam, dan juga fisik.

5 Cm memiliki dua nilai moral penting, yaitu tentang bagaimana meraih mimpi kita. Orang yang tidak memiliki mimpi adalah orang tidak memiliki harapan. Dan memang benar pernyataan itu. Penulis, mengibaratkan untuk meletakkan mimpi itu tidak jauh dari pandangan kita. Ia mengibaratkan 5 Cm karena, jarak yang tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat (menggantung dan kita tetap dapat melihatnya dengan jelas). Dalam meraih apa yang kita inginkan, akan selalu banyak hal yang menghalangi. Namun, apabila itu kita pastikan tidak jauh dari pandangan kita maka kita akan lebih semangat meraihnya. Buku ini juga menginspirasi kita akan kecintaan terhadap tanah air kita. Raja Ampat jauh lebih bagus dari pantai-pantai eksotis di Thailand. Wakatobi jauh lebih indah dari Hawai. Hanya terkadang gengsi kita jauh lebih besar untuk bisa mengakui keindahan alam kita. Meskipun begitu, cerita ini diselingi dengan kata-kata dan kalimat yang dapat menunjukkan kepada para pembaca bagaimana makna hidup itu dan bagaimana kita menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya.

Menjadi manusia yang lebih berarti, tidak hanya siapa kita saat ini, tidak hanya apa yang kita miliki. Namun, apa yang menjadi mimpi kita dan terlebih tentang bagaimana kita meraihnya. Proses tersebutlah yang menjadikan pribadi seseorang lebih memiliki makna. Menjadi seseorang yang lebih berarti, berarti menjadi pribadi yang telah berhasil mengalami proses penempaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: