Danau Sentani, Indah Alamnya Indah Budayanya

Ditengah maraknya beragam kasus kekerasan yang terjadi di bumi Papua, tidak pernah menyurutkan kecintaan saya akan indahnya alam Papua. Sudah 1,5 tahun saya berada di Jayapura, Papua. Dan sudah cukup banyak tempat indah yang saya kunjungi. Danau Sentani adalah salah satunya. Pertama kali kita akan mendarat di ibu kota Papua, kita akan disambut oleh pemandangan Danau Sentani dengan beragam bukit hijau yang menghiasinya. Danau Sentani menawarkan keindahan alam, dan juga keindahan budayanya.

Pesona alam Danau Sentani

Danau Sentani dikelilingi oleh pegunungan Cyclops yang hijau. Nampak sekilas seperti pemandangan perbukitan di daerah Norwegia. Danau Sentani memiliki luas sekitar 110 km2. Ada bebeapa pulau kecil yang berlokasi disekitar danau Sentani, antaranya Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom. Dan Pulau Aseilah yang paling terkenal diantaranya, dengan seni kerajinan lukisan kulit kayunya.

134097551774398145

Kitapun dapat mengelilingi danau Sentani dengan menggunakan kapal atau boat milik penduduk setempat. Melihat dari dekat pemukiman penduduk, dan aktivitas mereka. Dengan ramah mereka akan menyapa kita dari kejauhan. Penduduk Sentani pada umumnya sangat ramah, dan welcome dengan kehadiran pengunjung.

Pemandangan Danau Sentani Dari Bukit Mac Arthur

Dipandang dari sisi manapun danau Sentani tetap menunjukkan pesona keindahannya. Salah satu tempat yang diminati wisatawan yang berkunjung ke Jayapura adalah Monumen Mac Arthur. Monumen Mac Arthur berlokasi di gunung Ifar, yang terletak di kompleks RINDAM (Resimen Induk Daerah Militer) XVII Cendrawasih. Di monumen ini terdapat sebuah prasasti yang di dalamnya terdapat informasi mengenai sejarah lokasi markas pasukan sekutu pada tahun 1944.

Monumen ini merupakan peninggalan Perang Dunia II, dimana dulunya merupakan Markas Besar Tentara Sekutu Pasifik Barat Daya, dan Sentani merupakan pusat komando Tentara Sekutu sebelum merebut Filipina dari tangan Jepang yang selanjutnya menyerang Iwojima. Di Sentani dulunya terdapat Armada AU Sekutu, Armada Laut Ke-6 Amerika, AD Amerika, terdapat tulisan di Monumen McArthur yang menjelaskannya. Sekarang daerah tersebut selain menjadi Markas TNI-AD juga terdapat perumahan militer.

1340975288402229726

Dari monumen ini kita dapat melihat pemandangan danau Sentani dari atas. Saat paling indah untuk menikmati pemandangan adalah di sore hari, menjelang matahari tenggelam. Selain wisata sejarah monumen Mac Arthur juga menjadi wisata pemandangan, dimana nampak Danau Sentani dari arah atas, dengan pulau-pulaunya yang hijau mengelilinginya. Dari bukit Mac Arthur ini, kita juga dapat melihat bandara Sentani serta pesawat yang take off ataupun yang akan mendarat.

Festival Budaya Danau Sentani

1340975733500136296

Festival Danau Sentani diadakan setiap tahun sekali, biasanya diselenggarakan setiap bulan Juni. Di tahun ini Festival Danau Sentani akan diadakan pada tanggal 19-23 Juni 2012, di Kalkothe, Sentani Timur, Jayapura. Festival ini telah diagendakan dalam kalender program daerah sebagai festival rutin yang diadakan setiap tahunnya. Dalam pelaksanaannya, budaya-budaya yang akan ditampilkan telah dijadwalkan sedemikian rupa, sehingga wisatawan baik domestik maupun mancanegara memiliki gambaran secara garis besar mengenai penyelenggaraan acara ini.

Festival ini menampilkan beragam budaya asli Sentani, dengan harapan budaya asli Sentani tidak akan punah. Adapun budaya-budaya yang ditampilkan memberikan gambaran bagi kita akan bagaimana kehidupan masyakarat Sentani dahulu, seperti tari perang di atas perahu. Budaya yang ditampilkanpun tidak hanya budaya Sentani saja, namun juga budaya dari wilayah lain. Hanya saja budaya Sentani yang lebih diprioritaskan, sementara budaya yang lain sebagai pendukungnya.

Ada banyak stand yang dibangun disekitar lokasi. Dalam stand-stand tersebut ditampilkan budaya dari masing-masing daerah disekitar Jayapura dan juga wilayah lain di pulau Papua, semisal Raja Ampat, Wamena, dan juga budaya lain di Indonesia. Ada salah satu stand yang menarik, dimana dia menampilkan beragam senjata perang, dan peralatan tradisional yang menggambarkan bagaimana masyarakat di daerah danau Sentani hidup dahulu kala.

1340976075570549693

Tidak ada yang lebih lengkap dengan menikmati 3 sajian wisata di satu tempat. Danau Sentani menawarkan ketiganya, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata budaya.

Opera Travel Blog Competition

Advertisements

2 responses

  1. nice posting… bisa ajak2 kah kalau ke danau sentani?

    1. thank youuuuu, kamu mesti liat danau sentani yang ke arah genyem, keren bgt euy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: