Sekilas Catatan Perjalanan ke Wakatobi Part 1 (Kendari-Wanci)

Welcome to Wangi-wangi, Wakatobi

Welcome to Wangi-wangi, Wakatobi

Akhirnya Desember datang lagi. Desember memang menjadi bulan yang pas bagi pegawai seperti saya untuk melakukan libur panjang. Liburan kali ini saya dan pacar saya memilih Wakatobi sebagai tujuan wisata, setelah menjalani proses diskusi antara Medan, Yogyakarta, Wakatobi, dan Papua.

Perjalanan dimulai tanggal 26 Desember 2012, setelah hari Natal, dengan harapan berkat Tuhan menyertai perjalanan kami :D. Taman Nasional Wakatobi merupakan wisata nasional bawah laut yang berada di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari 4 pulau utama di kepulauan Tukangbesi, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Tujuan utama kami adalah ke pulau Tomia, pulau ini cukup terkenal dengan spot-spot divingnya.

Kami menuju Wanci (Wangi-wangi) dengan pesawat Wings Air dari Kendari. Rute penerbangan ini masih baru, dan hanya beroperasi seminggu tiga kali (Senin, Rabu, dan Jumat). Selain Wings Air juga ada Express Air dan Batavia. Ada alternatif lain juga dengan jalur laut (kapal), hanya kita memutuskan menggunakan pesawat karena beberapa pertimbangan, yaitu budget untuk menginap, jalan darat, biaya kapal 2 kali karena harus berhenti di Bau-bau dan lanjut dengan kapal lain, dan yang terpenting adalah waktu. Sehingga jatuhnya malah lebih mahal menggunakan kapal.

Welcome to Wakatobi

Welcome to Wakatobi

Kendari-Wanci hanya ditempuh sekitar 45 menit. Dan sampailah kita di Bandara Matahura, Wakatobi (di Pulau Wangi-wangi). Bisa dibilang, pulau Wangi-wangi adalah pulau utama dibanding ketiga pulau yang lain. Apabila mau melanjutkan perjalanan ke pulau lainnya, siapkan uang tunai secukupnya karena tidak ada ATM di ketiga pulau yang lain. Dan di pulau Wangi-wangi pun hanya ada ATM BRI dan Mandiri.

Sesampai di bandara, kita melanjutkan perjalanan darat dengan taksi rental. Jarak dari bandara ke pusat kota bisa ditempuh sekitar 20 menit. Biasanya ongkos taksi ini adalah Rp 100.000. Tapi bisa juga dengan rombongan yang lain, dengan tarif perorang Rp 50.000,-. Kami diantar supir taksi untuk mencari penginapan, ada beberapa alternatif penginapan baik yang mahal, agak mahal, nggak begitu murah, murah, sampai yang murah banget. Dan biasanya supir taksi akan menanyakan mau hotel yang seperti apa, karena hanya untuk transit saja 1 malam kami pilih yang murah banget, yaitu di Hotel Jelly.

Setelah sampai di penginapan, supir taksi menawarkan kembali apabila mau diantar untuk berkeliling. Dan setelah proses negosiasi tarif, akhirnya kami janjian bertemu kembali jam 1 siang (setelah beristirahat-β€œsempet-sempetnya”) untuk berkeliling pulau Wangi-wangi.

Time to go … supir taksi mengajak kami berkeliling tempat-tempat menarik yang ada di pulau ini. Dan selama setengah hari ini, kami berhasil mengunjungi 5 tempat indah yang ada di sini, yaitu :

1. Pantai Waho / Pantai Cemara

Pantai pasir putih dengan pemukiman penduduk disekitar pantai. Diberi nama pantai Cemara karena ada pohon-pohon cemara dipinggir pantainya. Waktu kita kesana, banyak anak-anak kecil yang sedang bermain dipinggir laut. Mereka berenang dan mencari ikan bersama. Ternyata jiwa melaut sudah mengalir sejak kecil πŸ˜€

Pantai Cemara, karena banyak pohon cemara dipinggir pantai

Anak-anak Bajo sibuk mencari ikan

2. LSM yang fokus dalam pemetaan terumbu karang. Mereka memiliki tempat dipinggir pantai yang masih satu garis dengan pantai Cemara.

Pemandangan dari kantor Core Map

3. Weulum

Masih satu deret dengan pantai Cemara, tempat ini merupakan tempat untuk bersantai-santai di pinggir pantai. Dijual berbagai makanan ringan dan minuman.

Santai sejenak di Waelum

4. Pabrik Es

Ini adalah pelabuhan, karena lokasinya berada didalam pabrik es maka untuk menyebut tempat ini adalah dengan nama yang sama. Supir mengajak kita kemari karena saya menanyakan dimana tempat yang bagus untuk melihat matahari tenggelam. Sayang cuaca mendung saat itu, sehingga kita hanya bisa melihat pemandangan sekitar minus sunset.

Pemandangan dari pelabuhan di lokasi Pabrik Es

5. Petuno Resort

Ini adalah resort milik Bupati. Untuk masuknya pun kita harus megaku sebagai tamu dipenginapan tersebut, karena tempat ini tidak dibuka untuk umum. Resort ini berada persis dipinggir pantai. Resort ini sangat recommended untuk dikunjungi. Suasana resort pinggir pantai yang sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati suasana pantai yang tenang. Here is some snapshoot from Petuno Resort

Dek dipinggir pantai yang nyaman untuk bersantai

Sepanjang pantai, banyak terdapat gubuk-gubuk kecil

Me at Petuno Resort

Still at Petuno Resort

Jam sudah menunjukkan pukul 6, dan kami kembali ke penginapan. Suasana malam di kota kecil ini terbilang sangat sepi. Sampai-sampai kami kesulitan untuk mencari makan malam. Akhirnya kami jalan kaki saja, sampai menemukan sesuatu yang sekiranya bisa dimakan. Tadaaaaa … warung lalapan. Makan malam ini menutup perjalanan hari pertama. Dan akan dilanjutkan besok pagi dengan speed boat ke pulau Tomia, yang memang menjadi tujuan utama kami.

Rincian biaya hari pertama :

  1. Pesawat Kedari – Wakatobi (Wings Air) : IDR510.000
  2. Airport tax + retribusi daerah + retribusi β€œentahβ€œ : IDR37.000
  3. Rental mobil ke kota : IDR50.000
  4. Penginapan di hotel Jelly : IDR120.000
  5. Rental mobil keliling Wangi-wangi – Β½ hari : IDR150.000,Β  1 hari : IDR250.000
  6. Makan malam : IDR20.000

PS :

  1. Kalau dilihat tidak ada biaya makan siang, itu karena kita bawa bekal sendiri πŸ˜€
  2. Kalau mau penginapan yang lebih nyaman, ada hotel Wisata, tarifnya IDR350.000
  3. Hotel Jelly cukup recomended dengan fasilitas breakfast, AC, TV, dan tempat yang bersih. Hanya dipastikan mendapat kamar yang pintu dan kuncinya gak bermasalah
  4. Untuk biaya maka, masih relatif murah
Advertisements

40 responses

  1. Hi Mel! Nice Blog! Kali pertama aku di Wangi-Wangi aky menginap di Wisata, kali kedua di Patuno. Patuno sangat ekslusif dan bagus. Wisata juga nyaman, kamarnya bersih dan lengkap. Wisata lebih ‘terbuka’. Kalau benar-benar mahu privacy – buat ku lebih cocok Patuno. Jauh dari “hustle and bustle” Wangi-Wangi.

    1. Biaya semalam di patuno berapa ya?

      1. sekitar 600-700 ribu mbak

  2. Hey Sharmmmmmmm, my travel mate I found here. hehehhee iya Patuno sangat private. kalo stress butuh ketenangan sepertinya sangat cocok resort ini. waktu itu kita hanya lihat2 saja. karena memang tidak jadi tujuan utama kita untuk ke wangi2. bisa dicoba kalo aku kesana lagi aminnnn. semalam berapa sharm?

  3. kemarin juga saya ke semua objek yang kamu tuliskan. seru πŸ™‚

  4. hey kazwini, iyaaa. tapi sebenenya tujuan utama aku seh ke Tomia…lebih seruuuu πŸ˜€

  5. hi… apa masih ada contact person driver yang di wanci? thank

  6. Masih 08525620100, dengan Pak Axel

  7. Petuno resort kelihatannya bagus juga pemandangannya. Apa betul-betul ketat penjaganya sehingga kalau bukan tamu gak boleh masuk?

  8. iya bang chris, tenang banget suasananya, karena private juga kan. sebenrnya seh ga ketat2 bgt, kalau ketat bgt aku ga mungkin masuk hehehe. hanya memang digerbangnya dijagain tiap ada tamu yang mau masuk. dan kata supirnya seh kalau bilang cuma mau lihat-lihat kemungkinan ga akan boleh.. karena takut kotor juga kan..

  9. Emang Seru klo ke Wakatobi,,,klo perjalanan saya naik kapal dari Balikpapan – Pare pare – Makasar – Bau Bau – Wanci / Wangi Wangi,,,kebetulan kampung Ibu saya,,,perjalanan YG Luar Biasa klo naik kapal,,,walaupun udah di darat badan masih terasa bergoyang-goyang paling beberapa hari hilang,,,,,

  10. Mbaaaa…Masih ada kontak buat hotel jelly nya,,?? Makasiiih sebelumnya..

  11. Oiyaaah.., soalnya minggu depan rencana mau kesana…

    1. sama-sama πŸ™‚ enjoy wakatobi…hati2 ya dapet kamar yang kucinya bermasalah…takutnya ga bisa keluar hehehhe…

      1. Hahahhaaa….amiiin deh yh,,, btw., masih ada kontak yg di jelly gak..??

  12. dear mely… ada no cp driver gak? no.driver diatas salah number…tks.

    1. halo sherina, ini no nya yang saya punya dulu.takutnya sudah ganti no. dia hanya kasih satu no saja soalnya

  13. ada no sewa kapal di wangi- wangi yg untuk ke patuno resort waktobi gak ?terima kasih

    1. kalau ke patuno resort bisa jalan darat kok

  14. Hai…
    Kamu cantik yaa…hehehe..
    Boleh gak minta no.hp kmu or pin bb or whatsapp gitu??? Pliss…
    Soalnya aku ma teman2 akhir Mei ini dr Jakarta mau ke Wakatobi n buta bgt ttg Wakatobi dan sekitarnya..
    Pliss yaa..??? Need your help so bad.. πŸ™‚
    Thanks so much.. Tuhan memberkati…

    Rudi (my pin: 26D26807)

  15. dear for all.yg pengen liburan ke wakatobi dan pengen tHu trntang informAsi bisa langsung hub saja via contak kami.di 085240500600(pak aqsel).tq

    1. apakah nomor ini masih aktif?

  16. dear sherina.no saya yg sama mba melly itu udah hilang jadi q ganti nomer hape.ini nomer baru saya.085240500600.

  17. Thanks banget buat semua info yang ada. Juni kemarin udah sempat menginjakkan kaki di Wakatobi berbekal print dari blog ini. Napak tilasnya bener2 luar biasa karena jalan sendiri dan bertemu banyak kenalan baru. Makasih…

    1. Sama-sama Irene, seneng bisa membantu πŸ™‚

  18. Salam, saya Jimmy akan ke wanci dari kendari 17 agt& kembali 19 agt ke jkt pesawat terahir. Pesawat ke wanci bs book online kah? Dgn sisa waktu efektif 18agt,apakah hanya bs ke tomia saja/bs ke pulau lainnya. Trims

    1. hallo jimmy. bisa..cuma akan lebih baik sudah dibeli sebelum berangkat. peswaat cuma ke wanci, kalo mau lanjut ke pulau lain bisa juga dengan speed. hanya waktu itu kita ke tomia saja, karena dari info yg kita dapat, tomia yg paling bagus…mgkn bisa juga kalau mau ke hoga atau kaledupa

  19. Mba meli saya mau tanya kalo ke tomia dari pelabuhan murhum, naik apa lagi, dan berapa lama waktunya? Terima kasih

    1. Kalau dr situ saya kurang tau mas rendi…kmrn saya ga lewat situ…

  20. Gimana perasannya sdh ke Wakatobi? mampir juga yah di ilhamsaediman.tumblr.com. disitu ada banyak foto gue di resort… CHEERS!!!!

    1. Menyenangkannnn heheheh, sipp sipp nanti saya lihat juga ya

      Cheers

  21. Great adventure…
    Recomended banget…

  22. yang mau ke tomia bisa hubungi sy. Nanti sy kasih penginapan gratis. Rumah sy di tomia timur (usuku). untuk Transpor kliling jalan2 putar2 pulau tomia bisa pake motor, motor dirumah ada 3 cukup isi bensin saja. Ini nomor hp sy: 081338364320. Pin bbm:75578E2E. Salam kenal semoga bisa membantu.

  23. Wakatobi Aqsel Tours
    Melayani paket wisata tour termurah di dua pulau berbeda yaitu Pulau Wangi-Wangi dan Pulau Hoga.
    Paket tersebut anda dapat menikmati perjalan darat berkeliling pulau wangi-wangi(city tour) sambil melihat keindahan menarik,kearifan lokal budaya,keunikan suku bajo,situs prasejarah dan masih banyak lagi.
    Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut baik itu snorkling dan diveng dgn pendamping yg profesional.
    Jangan salah paket liburan tersebut sudah termasuk sarapan pagi,makan siang dan makan malam dengan berbagai menu dan olahan laut khas Wakatobi
    PAKET YG DITAWARKAN;
    A.Pulau Wangi-Wangi 3D2N
    a.wisata darat-nginap dihotel -srpan pagi-makan siang dan makan malam-snorkling(3x)dan diveng(4x)Rp.2.930.000/org min 5 org
    b.wisata darat,nginap di hotel,sarapan pagi,makan siang dan malam,snorkling(3x) dan diveng(2x)Rp.2.230.000/org min 5 org
    B.Pulau Wangi-Wangi dan Pulau Hoga 3H2N
    a.nginap di hotel,transportasi kpl,sarapan pagi makan siang dan malam snorkling(3x),diveng(4x)Rp.3.220.0000/org min 5 org
    b.nginap dihotel,transportasi kapal,srpan pagi,makan siang dan makan malam,snorkling(3x),diveng(2x) Rp.2.820.000/org min 5 org.Cat: perubahan harga paket langsung di konfirmasi ke konsumen tq
    So Promo guys tunggu apa lagi
    Hub Contak Kami :
    Hp:085240500600
    Bbm:52633FAD
    Whats App:082293421211
    Email: nasrull8280@gmail.com

  24. AQSEL RENTAL WAKATOBI
    We opening tour package inexpensive it too island be diferent .that is wangi-wangi island and hoga island.
    The mentioned package ,you can enjoy holiday go around wangi-wangi island,superiority,culture,nourishment dst.
    We can enjoy holiday looking it ocean,snirkling,diveng and guider profesional.
    Do not fault it wisata mentioed package we can comprise break fast,lunch,diner,boat and hotel.
    So im waiting you came here.Extra Promo
    Star Pay Rp.2.500.000-Rp.3.500.000/person min 5 person
    Hp:085240500600
    Bbm: 52633FAD
    What app:082293421211
    Email:nasrull8280@gmail.com

  25. Sudah menjelajahi Nusantara? bagaimana dengan keindahan bawah lautnya?
    Agar dapat melakukan Safe Dive, yg ada di Jakarta dan Surabaya, bisa hubungi TRITON Dive untuk sekedar mencoba diving di Kolam (Try Scuba) maupun untuk ikuti program Sertifikasi Scuba School International dari TRITON.

  26. wahh menarik banget ceritanya kak πŸ™‚ hehe,, lanjut ke part II πŸ™‚

    1. Terimakasih πŸ™‚ selamat membaca ya semoga membantu

  27. Wah..blognya cukup membantu utk menyusun rencana liburan ke pulau tomia.. create new adventure πŸ™‚

  28. wow pengalaman yang indah dan menarik semoga saya bisa juga menikmati sesuai pengalaman yg sudah di share ,…terima kasih ats infnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: