Memandang Kesehatan Anak Sebagai Concern Bersama

Anak adalah sosok yang rentan dan belum memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Peran orang tua dan masyarakatlah yang bermain disini. Bulan April silam, WVI mengajak anak-anak untuk melakukan proses medical check up bersama. WVI menggandeng Dinas Kesehatan Kab Keerom, Dokter Puskesmas, dan juga pihak sekolah dalam pelaksanaannya. Kegiatan ini bertujuan memonitor kondisi kesehatan anak dan meningkatkan awareness masyarakat dan pemerintah setempat dalam melihat kesehatan anak sebagai permasalahan bersama.

DSCN1305

Dapat dikatakan proses medical check up berjalan dengan baik. Pihak sekolah sebagai tempat penyelenggara kegiatan sangat terbuka dan kooperatif saat berlangsungnya kegiatan. Mereka memastikan anak-anak mendapat pelayanan kesehatan, mengingat anak-anak biasa takut dengan pihak tenaga medis. Selalu sebelum memulai proses pemeriksaan, dokter dan perawat menyampaikan informasi kesehatan, baik mengenai makanan bergizi maupun pola perilaku hidup sehat.

Dari hasil pemeriksaan dokter Puskesmas setempat, ada cukup banyak temuan dimana kondisi anak membutuhkan follow up lebih lanjut. Salah satunya adalah Yosua Kalep. Secara kasat mata tidak diketahui bahwa anak memiliki benjolan dibagian kakinya. Orang tua pun tidak tahu bahwa anak mengalami kondisi tersebut karena tidak pernah ada keluhan dari sang anak.Melalui hasil medical check up barulah diketahui bahwa terdapat tumor jinak di bagian kakinya dan harus segera dioperasi. Hingga akhirnya, WVI dengan persetujuan dari orang tua melakukan proses operasi untuk mengangkat tumor tersebut. Saat ini Yosua sudah dapat beraktifitas kembali seperti biasa.

Yosua barulah salah satu contoh yang kita temui. Masih ada Septinus Timor dengan permasalahan otak yang berpengaruh pada sistem motoriknya. Setelah melalui proses lebih lanjut dan proses terapi, kini ada sedikit perubahan positif dalam sistem motoriknya. Septinus pernah mengatakan bahwa dia masih ingin melanjutkan sekolah, namun terkendala dengan kondisi ini, karena untuk memegang pena saja tangannya tidak mampu. Semangat-semangat seperti inilah yang tetap harus kita dukung dalam diri anak-anak kita. Jangan sampai cita-cita mereka terhambat hanya karena permasalahan kesehatan yang seringkali diabaikan.

Kegiatan medical check up bukan sajalah kegiatan pemeriksaan belaka. Namun lebih jauh kita melihat ini adalah bentuk kepedulian bersama dimana anak sebagai aset memiliki hak tumbuh kembang dengan hidup utuh sepenuhnya. Peran kitalah dalam mewujudkan hal tersebut.

Kegiatan medical check up ini merupakan bentuk kerjasama antar WVI dengan berbagai pihak dalam memonitor kondisi kesehatan anak. Memang orang tualah yang memegang peranan penting dalam hal ini. Namun, peran serta masyarakat dan pemerintah setempat dalam memberikan informasi akan pentingnya kesehatan juga tidak kalah penting. Semoga untuk kedepannya tingkat awareness masyarakat dalam memonitoring kesehatan anak semakin tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: