Musim Panas Impian di Adelaide, Si Kota Kosmopolitan

All the king’s horses, all the king’s men

Wouldn’t drag me back again

To Adelaide, Adelaide, Adelaide, Adelaide

Lirik lagu ini menggambarkan kerinduan Paul Kelly untuk bisa kembali lagi ke Adelaide, kota masa kecilnya. Kota Adelaide yang terletak di Australia Selatan ini memiliki banyak julukan, seperti Kota 20 Menit (dimana semua tempat dapat ditempuh dalam waktu 20 menit), Kota Seribu Gereja, dan Kota Festival.

image-adapt-1663-medium
Doc. http://www.australia.com/en/places/adelaide.html

Pamornya tidak seperti Melbourne, Sydney, atau Gold Coast yang kerap dijadikan tujuan utama wisata ke Australia bagi para pelancong. Meskipun demikian, Adelaide memiliki keunikannya tersendiri. Tahukah kalian bahwa Adelaide adalah salah satu dari 10 kota terbaik di dunia yang paling layak untuk ditinggali versi Economist Intelligence Unit. Adelaide adalah sebuah kota yang rapi, asri, dan tenteram, karenanya tempat ini kerap menjadi salah satu pilihan studi bagi pelajar.

Bulan Desember hingga Februari, Australia mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 25°C. Pada musim ini, banyak warga dan pelancong yang beraktivitas di luar ruangan demi menikmati cuaca hangat, termasuk juga di Adelaide. Meskipun terbilang sepi dibandingkan dengan kota lain di Australia, Adelaide juga memiliki beberapa objek wisata seru untuk menikmati liburan musim panas lho.

Menyatu Dengan Alam di Adelaide Botanic Garden

adelaide-botanic-gardens_20090919_003-1024x768
Doc. https://www.trevorsbirding.com/tag/adelaide-botanic-gardens/

Adelaide Botanic Garden merupakan salah satu dari 29 taman yang membentuk cagar alam yang indah. Taman seluas 51 hektar ini merupakan ruang terbuka hijau di tengah kota yang penuh dengan tumbuhan eksotis, tanaman hias, dan tanaman asli Australia. Di sini kita bisa mengikuti tur dengan berjalan kaki yang dipandu oleh pemandu lokal secara gratis. Tur ini berangkat dari Schomburgk Pavilion pada pukul 10.30 pagi setiap hari. Selain mengikuti tur, sekedar santai sambil membaca buku, ataupun berburu foto juga bisa dilakukan di taman ini. Eits, jangan lupa untuk mengunjungi the bicentennial tropical conservatory yang berada di kawasan Adelaide Botanic Garden.

Tidak jauh dari tempat ini juga terdapat Adelaide Zoo, kebun binatang tertua kedua di Australia. Kebun binatang ini memiliki hampir 300 spesies dan lebih dari 3.400 binatang. Keunikan tempat ini adalah dioperasikan tanpa mengambil keuntungan materi sedikit pun.

Jalan-Jalan ke Pasar Sentral Adelaide

11225641_10155481073990333_767355950_n
Doc. http://www.adelaidecentralmarket.com.au

Pasar Sentral Adelaide merupakan jantung kota Adelaide yang terletak di pusat kota, tepatnya di sebelah barat Victoria Square. Pasar Sentral Adelaide adalah sebuah pasar tua yang umurnya sudah lebih dari 130 tahun. Pasar yang telah mengalami pasang surut dan berkali-kali direnovasi ini menjual beraneka ragam makanan segar, pakaian dan pernak pernik bagi para wisatawan.

Pasar Sentral menjadi pusat berkumpulnya petani di Negeri Kanguru untuk menjual aneka bahan pangan yang menggugah selera. Di sini, pengunjung dapat mencicipi kelezatan keju di ruang keju terbesar di Australia Selatan serta mengunjungi studio para pengrajin setempat.

Menyesap Wine di Barossa Valley

barossa-valley
Doc. http://barossaandbeyond.club/barossa-valley/

Barossa Valley dikenal sebagai daerah tujuan wisata pegunungan yang cukup populer di Australia Selatan. Barossa Valley merupakan kawasan pembuat anggur tertua di Australia dan terbaik di dunia. Bagi penggemar anggur, terdapat ribuan hektar kebun anggur tersebar di Barossa Valley. Di sini, kita dapat mengunjungi kebun anggur dan pabrik pengolahan anggur, serta mencicipi anggur secara gratis. Selain itu kita juga dapat menikmati lanskap pegunungan yang indah dengan udara yang sejuk.

Selain mencicipi anggur, kita juga bisa mengunjungi Wishpering Wall atau Tembok Berbisik. Wishpering Wall adalah sebuah bendungan yang menjadi objek wisata dengan pemandangan indah di kawasan Barossa Valley, di sini kita dapat mendengar suara orang yang berada di ujung lain bendungan. Tertarik mencoba?

Bersepeda ke Henley Beach

086-henley-beach-ann-clarke
Doc. https://www.australiantraveller.com/sa/adelaide/086-henley-beach-sa/

Liburan musim panas tak lengkap rasanya tidak berkunjung ke pantai. Adelaide mempunyai Henley Beach, yang kerap dijadikan tujuan uama untuk menikmati pantai serta memancing di dermaga sambil menikmati sunset. Untuk menuju Henley Beach, kita bisa bersepeda dari sepanjang Linear Park dengan track sepeda menuju ke pantai. Setelah puas menikmati keindahan Henley Beach, kitapun bisa melanjutkan perjalanan dengan berkeliling kota dengan bersepeda. Seru kan!

Bersantai di Adelaide Hills

8360-1-resized
Doc. http://realestateinthehills.com/the-adelaide-hills/

Di Adelaide Hills terhampar lahan-lahan pertanian yang asri dengan pedesaan yang memikat. Wisatawan dapat menginap di pondok-pondok bergaya Bavaria dan mengunjungi galeri di Hahndorf, sebuah pedesaan Jerman tertua yang bertahan hingga saat ini. Kita juga bisa mengunjungi The Cedars, yang dulunya merupakan kediaman dan studio seniman lanskap ternama, Sir Hans Heysen. Nah bagi penggemar nuansa Natal, jangan lupa untuk mengunjungj pasar Lobethal, sebuah kota dongeng bernuansa Natal dengan lampu warna-warni bermeter-meter panjangnya.

Menimba Ilmu di Art Gallery of South Australia

things-to-do-museums-galleries
Doc. http://www.southaustralia.com

Art Gallery of South Australia terletak di tengah kawasan budaya North Terrace. Art Gallery of South Australia memiliki lebih dari 35.000 koleksi karya seni. Galeri ini terkenal dengan karya seni Australianya, khususnya koleksi penting seni pribumi. Terdapat banyak karya seniman kelas dunia yang dipajang di sini, seperti Sidney Nolan dan Arthur Boyd. Di sini, kita akan diajak menjelajah ruang-ruang yang ditata secara kronologis sehingga kita dapat melihat peran seniman Australia dalam pergerakan seni di masanya.

Jelajah Kuliner

Bagi penggemar kuliner, mengunjungi sebuah tempat baru tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas setempat. Adelaide juga memiliki kuliner yang wajib untuk dicoba. Namanya Absolute Beauty. Makanan ini merupakan perpaduan daging kambing guling yang disuguhkan dengan kentang, mayonaise, saus tomat, dan saus sambel.

img_6070-e1410027664998
Doc. http://pandji.com/mesakke-bangsaku-world-tour-adelaide/

Sebagai negeri habitat Kanguru, selain bisa melihat dan bermain dengan si hewan berkantung di Pulau Kanguru yang terletak di Australia Selatan, kita juga bisa menikmati santapan unik, yaitu Steak Kanguru. Rasanya nikmat dengan tekstur daging yang lembut, ditambah taburan saos manis dan salad. Meskipun demikian, kita perlu extra effort karena harganya cukup mahal. Tapi tidak ada salahnya dicoba bukan.

img_4370
Doc. https://thelabkitchen.com/2012/07/24/paprika-and-lemon-myrtle-rub/

Kota Sejuta Festival

Adelaide dengan sebutan Kota Festival adalah bukan tanpa alasan. Disebut sebagai Kota Festival karena keragaman festival yang sering digelar setiap tahunnya. Festival Adelaide adalah salah satunya. Festival Adelaide merupakan festival seni dan budaya terbesar di Australia Selatan. Festival ini menampilkan musisi kelas dunia, penari, serta para penulis terkenal.

Adelaide memiliki berbagai jenis transportasi umum yang terintegrasi seperti bis, kereta api, tram, dan oban (semacam Trans Jakarta). Dan ini tentu saja sangat mempermudah para wisatawan untuk mengunjungi Adelaide.

Duh, jadi semakin bersemangat ke Adelaide ya. Nah biasanya penyakit untuk memulai perjalanan adalah membuat perencanaan. Namun, sekarang kita tidak perlu pusing karena jasa tour & travel, H.I.S Travel Indonesia menyediakan layanan individual maupun grup dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional. Sehingga tidak perlu kawatir tidak jadi berangkat karena kekurangan kuota. Tidak hanya itu, H.I.S Travel Indonesia menawarkan berbagai kemudahan produk mulai dari pelayanan reservasi tiket pesawat, penginapan, pengurusan visa, dan tranportasi selama di Australia.

Kita tinggal menentukan tanggal, kota tujuan, dan budget yang diinginkan. Menarik kan! H.I.S Travel Indonesia juga menawarkan beragam promo menarik. H.I.S Travel Indonesia juga menyediakan fasilitas sosial media untuk mempermudah interaksi dengan pelanggan di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Penasaran? Yuk, kunjungi websitenya disini. Dan bagi kalian yang tertarik memenangkan dua tiket liburan musim panas di Australia bisa klik banner di bawah ini ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: